logo web

Dipublikasikan oleh Admin PA Mmk pada on .

 

PENGADILAN AGAMA MIMIKA

Jalan Yos Sudarso, Kamoro Jaya , Timika  Telp. (0901) 3125011

TIMIKA - 99910

Assalamu alaikum,  Warohamatullahi wabarokatuh.

LAPORAN TAHUNAN PELAYANAN INFORMASI

Periode: Januari – Desember 2018

  1.  RINGKASAN LAPORAN

            Pelayan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar sesuai dengan hak-hak sipil setiap warga negara dan penduduk atas suatu barang dan jasa atau pelayanan administrasi yang diselenggarakan oleh penyelenggara pelayanan publik. (Keputusan Ketua Mahkahmah Agung RI, Nomor:026/KMA/SK/II/2012 tanggal 9 Februari 2012),  Dalam pelayanan publik melingkupi Pelayanan :

  1. Pelayan Informasi

Dasar Hukum Informasi :

  1. Undang – Undang Nomor 14 tahun 2009 tentang keterbukaan Informasi Publik
  2. SK KMA Nomor 144/KMA/SK /III/2007 tentang Pedoman Keterbukaan Informasi di Pengadilan.
  3. SK KMA Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi Pengadilan.
  4.  Pelayanan Pengaduan

Dasar Hukum Pengaduan:

  1. Peraturan Mahkahmah Agung Republik Indonesia No.9 tahun 2016  Tentang Pedoman Penanganan Pengaduan di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya.
  2. Sarana dan prasarana.
  3. Sumber Daya Manusia.

            Pengadilan Agama Mimika merupakan salah satu  Peradilan ujung tombak dari Mahkahmah Agung Republik Indonesia di wilayah Indonesia bagian Timur, juga melaksanakan Pelayanan Informasi dan Pengaduan kepada masyarakat sesuai  peraturan tersebut seperti yang diamanahkan oleh Ketua Mahkahmah Agung Republik Indonesia.

            Pengadilan Agama Mimika di tahun 2018 melayani masyarakat pencari Informasi dalam bidang informasi peradilan maupun pengaduan, secara penuh tanggung jawab, dan menerapkan pelayanan prima, serta meningkatkan sarana dan prasarana, dengan harapan masyarakat pencari Informasi atau pencari keadilan  terlayani  sesuai yang diinginkan. Setiap masyarakat yang meminta Informasi atau mengajukan pengaduan mengisi blangko Informasi/ Pengaduan  yang berisikan  tanggal bulan dan tahun, identitas pemohon Informasi/pengaduan, rincian informasi yang dibutuhkan, tujuannya, cara memperoleh informasi serta ditandatangani oleh Petugas Informasi dan Pemohon informasi. Kemudian isi blangko tersebut dicatat kembali didalam buku register oleh staf/petugas informasi dan di tutup tiap bulan dan ditandatangani oleh Petugas informasi dan pejabat PPID.

            Masyarakat yang meminta Informasi atau mengajukan pengaduan dikut sertakan dalam survey harian kepuasan masyarakat, untuk menilai kinerja pelayanan di Pengadilan Agama Mimika. 

            GAMBARAN UMUM PELAYANAN INFORMASI

            Pengadilan Agama Mimika sejak dicanangan Akreditasi Penjamin Mutu (APM) yang dicanangkan oleh Mahkamah Agung Republik,  mengikuti Petunjuk Akreditasi Penjamin Mutu,  sudah menggunakan  System Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam hal informasi, Pengaduan, pendaftaran maupun pengambilan produk-produk pengadilan, berupa: Salinan Putusan, Salinan Penetapan, Akta cerai,  dan produk peradilan lainnya. sehingga memudahkan masyarakat pencari Informasi dan keadailan, yang didukung oleh peralatan elektronik berupa Komputer yang terhubung dengan SIPP, maupun Wifi, dan dioperasikan oleh petugas – petugas yang kredibel, dengan dibekali kemampuan yang mengedepankan sikap  : Rapi, Resik, Ringkas, Rawat dan Rajin (5R),  Sapa, Senyum dan Salam (3 S)   diharapan meningkatnya kepuasan masyarakat  terhadap semua pelayanan pada Pengadilan Agama Mimika .

            Pengadlan Agama Mimika juga meminta partisipasi dari masayarakat, tentang tanggapan masayarakat maupun masukandan saran  tentang pelayanan yang telah dilakukan oleh Pengadilan Agama Mimika, melalui adanya survey harian yang di isi oleh masayarakat pencari informasi dan keadilan pada Pengadilan Agama Mimika.

            Dengan begitu diharapkan Pengadilan Agama Mimika mampu memberikan pelayanan sesuai hendak masyarakat secara Prima.

Dalam pengelolan meja informasi dan Pengaduan dilaksanakan oleh Ketua Pengadilan Agama Mimika (ketua Pengadilan / Aris Setiawan, S.Ag.,M.H.), sebagai atasan Pejabat Penanggung Jawab Informasi dan Dokumentasi (PPID) (Panitera/ Siti Khuzaimatin, S.Sos., S.Ag..), Petugas Informasi (Panitera muda Hukum /Kuat Maryoto, S.H., Wati Ardiana, S.E./ Dwi Crtistina, S.H., Atika, S.H.I), Penangung Jawab  informasi (Kasubag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana./ Widya Ningsih, S.H., Kasubag Umum dan Keuangan./ Nasrullah S.Kom, Kasubag Perencanaan, TI dan Pelaporan/Muh Ali Mashar, S. Kom.)

            Pembiayaan dalam Meja informasi dan Pengaduan untuk pembelian alat tulis, kertas dan  tinta, mengunakan uang biaya proses dan Dipa tahun 2018

  1. DATA PELAYANAN MEJA INFORMASI

Data pelayanan meja informasi periode bulan Januari – Desember 2018 sebagai berikut

JENIS PERKARA

Jumlah Permohonan

Waktu Rata-rata pelayanan

Jumlah permohonan yang di Kabulkan

Jumlah Permohonan yang di tolak

Alasan Permohonan yang di tolak

sepenuhnya

sebagian

Rahasia

Belum di kuasai/ selesai

Lainnya

Perkara dan Putusan

254

15 Menit

254

0

0

-

-

-

Kepegawaian

0

-

0

0

0

-

-

-

Pengawasan dan Kedisiplinan

0

-

0

0

0

-

-

-

Anggaran dan Aset

1

15 Menit

1

0

0

-

-

-

Lainnya

9

15 Menit

9

0

0

     

Total

264

15 menit

264

0

0

-

-

-

  1. DATA PENYELESAIAN SENGKETA INFORMASI

Data penyelesaian sengketa informasi periode Januari – Desember 2018

JENIS PERKARA

Jumlah Permohonan Keberatan

Waktu Rata-rata pelayanan

Tanggapan atasan PPID atas Keberatan

Penyelesaian Sengketa Ke Komisi Informasi

Hasil Mediasi di Komisi Informasi

Status Putusan Komisi Informasi

Menerima

Menolak

berhasil

Gagal

Menguatkan Pengadilan

Menguatkan Pemohon Informasi

Perkara dan Putusan

                 

Kepegawaian

 

N

I

H

I

L

     

Pengawasan dan Kedisiplinan

                 

Anggaran dan Aset

                 

Lainnya

                 

Total

                 
  1. KENDALA  EKSTERNAL  DAN INTERNAL PELAYANAN INFORMASI

       Kendala eksternal yang dihadapi Pengadilan Agama Mimika dalam pelayanan informasi disebabkan antar lain keadaan jaringan internet yang tidak stabil sehingga menghambat pencari informasi apabila berhubungan dengan layanan yang mengunakan internet.  Masih banyak masyarakat pencari Informasi yang berpendidikan rendah sehingga perlu kesabaran dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk memberikan informasi.

        Kendala Internal yang dihadapi Pengadilan Agama Mimika dalam pelayanan informasi antara lain sebabkan karena          jumlah pegawai yang kurang, sehingga petugas Informasi masih merangkap kerja yang lain, akibatnya Petugas Informasi tidak selalu siap sedia di tempat.

        Kurangnya anggaran di  DIPA  berkenaan sarana dan prasarana pelayanan informasi sehingga masih terkendala dalam melengkapi sarana sarana pendukung meja informasi.

  1. REKOMENDASI DAN RENCANA TINDAK LANJUT PENINGKATAN KUALITAS INFORMASI.
  2. PENUTUP

Perlu adanya pakaian khusus seragam petugas informasi, untuk estetika. perlu diajukan dalam anggaran di DIPA tahun 2020. Menata kembali sarana kembali sarana dan prasana sesuai  kebutuhan masyarakat. sehingga  Pengadilan Agama Mimika dapat meningkatkan pelayanan Meja Informasi dan Pengaduan secara lebih prima.

Demikian laporan tahunan informasi Pengadilan Agama Mimika tahun 2018 agar dapat digunakan sebagaimana mestinya serta bermanfaat.

       Wassalamualaikum Wr. Wb

      Timika,     31 Desember 2018    

       Petugas Informasi/Panmud Hukum                                      Mengetahui

Ketua

        Kuat Maryoto, S.H                                                                    Aris Setiawan, S.Ag.,M.H.

Pengadilan Agama Mimika
Jl. Yos Sudarso No.4, Kamoro Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika
Telp./Fax. 0901-3125011
Email :Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.