WAKIL KETUA, PANITERA, DAN OPERATOR SIPP MENGIKUTI SOSIALISASI DAN MONITORING PENYELESAIAN PERKARA ELEKTRONIK DI HOTEL SWISS BELL JAYAPURA
Jayapura | 5 September 2024
Pengadilan Agama Mimika mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Monitoring Penyelesaian Perkara Elektronik Pada Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama di Wilayah Ambon, Papua dan Papua Barat yang digelar secara luring dan daring di Hotel Swiss Bell Jayapura. Kegiatan ini diikuti oleh Wakil Ketua PA Mimika Bapak H. Mansur KS., S.Ag., M.H., Panitera PA Mimika Ibu Rita Amin, dan Operator SIPP Bapak Bagaskara Aji Wicaksono.
Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIT dengan regitrasi peserta sosialisasi, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan. Menyambut kedatangan Sekretaris Kepaniteraan Mahkamah Agung, Dr. H. Iyus Suryana, S.H., M.H dan Asep Nursobah,S.Ag., M.H selaku Koordinator Data dan Informasi Kepaniteraan Mahkamah Agung dikalungkan Noken khas Tanah Papua dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamagh Agung RI. Pembukaan acara simbolis dengan pemukulan Tifa oleh Sekretaris Kepaniteraan Mahkamah Agung, Dr. H. Iyus Suryana, S.H., M.H. tanda dibukanya acara Sosialisasi dan Monitoring Penyelesaian Perkara Elektronik Pada Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama di Wilayah Ambon, Papua dan Papua Barat.
Pemateri pertama yaitu Asep Nursobah,S.Ag., M.H selaku Koordinator Data dan Informasi Kepaniteraan Mahkamah Agung menyampaikan bahwa Panitera bertugas sebagai Quality Control berkas yang akan dikirim ke tingkat banding. Kemudian tingkat banding melakukan penelaah berkas, jika terdapat kekurangan akan diinformasikan ke tingkat pertama melalui SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) dan whatsapp Panitera.
Pemateri kedua adalah Sekretaris Kepaniteraan Mahkamah Agung, Dr. H. Iyus Suryana, S.H., M.H. menambahkan materi yang disampaikan pemateri pertama, yaitu Panitera selaku Quality Control dapat membentuk Tim yang bertugas membantu Panitera dalam memeriksa berkas yang akan dikirim. Setelah pemaparan materi oleh pemater kedua, moderator membuka sesi tanya jawab dan mempersilahkan peserta baik luring maupun daring untuk bertanya kendala yang dihadapi pada satuan kerja masing-masing. -baw-